Thursday, September 29, 2022

Pengalaman Perdana Terjun Di Dunia Kerja Perbankan


Hallo,

Kembali lagi di blog kali ini tentunya dengan cerita yang berbeda. Oke kita langsung saja ya, pada kesempatan kali ini saya akan bercerita tentang pengalamana perdana saya di dunia pekerjaan yang bisa dikatakan cukup rumit dan menantang. Saya adalah mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha semester 7 prodi S1 Akuntansi, saat ini terdapat program PKL yang diselenggarakan pertama kali oleh pihak prodi S1 Akuntansi untuk angkatan 2019. Mengetahui adanya program PKL ini tentu saja saya sebagai mahasiswa memiliki semangat dan antusias yang tinggi untuk mengikuti program ini. PKL ini dilaksanakan memang cukup singkat, hanya 2 bulan.

Bank Pembangunan Daerah Bali (BPD) Cabang Klungkung merupakan salah satu instansi yang saya tuju untuk mencari pengalaman selama 2 bulan ini. Sangat senang rasanya bisa menjadi bagian di BPD Bali Cabang Klungkung walaupun dengan waktu yang singkat. Pada tanggal 1 Agustus 2022 adalah hari pertama saya mulai mengikuti kegiatan, saya disambut dengan hangat oleh Pak Gus Eka selaku mentor saya di BPD. Saya menyampaikan bahwa saya mengikuti kegiatan ini memiliki tujuan untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru di dunia pekerjaan khususnya di dunia perbankan. Singkat cerita saya mendapatkan tugas di bagian HAK (Hukum Administrasi Kredit). Divisi tersebut memiliki kewenangan untuk melakukan proses pencairan kredit nasabah yang diajukan dan telah disetujui oleh analisis kredit. Tentu saja saya diberikan arahan dan bimbingan oleh karyawan setempat. Hal pertama yang saya pelajari di divisi tersebut yakni mengenal istilah-istilah kredit seperti inquiry, jaminan, suku bunga, plafon kredit, jangka waktu, perjanjian kredit, angsuran, jatuh tempo, dan lainnya. Membantu proses pencairan kredit selama 2 bulan memberikan banyak pengetahuan baru yang sangat bermanfaat untuk saya kedepannya. Selama proses pencairan kredit saya berkesempatan untuk belajar bagaimana cara melayani debitur dengan baik. Kemampuan berkomunikasi juga sangat penting dalam divisi ini untuk mengarahkan debitur secara bertahap agar proses pencairan kredit dilaksanakan sesuai dengan SOP (Standar Operating Procedure). SOP akan berfungsi sebagai panduan ketika bekerjam dengan adanya aturan-aturan yang sudah terlampir akan memudahkan setiap tahap dan proses yang dijalankan. 



Tentu saja, karena perdana terjun di dunia kerja terkadang masih banyak hal yang perlu diperbaiki. Namun, kendala tersebut tidak menjadikan saya menyerah karena menurut saya pengalaman adalah guru terbaik dalam berproses. 

-----Sekian blog saya kali ini, saya lanjut di blog selanjutnya-----


No comments:

Post a Comment

2 BULAN PKL ? PENGALAMAN APA SAJA SIH YANG DI DaPATKAN SELAMA PKL ?

Hallo Kembali lagi di blog ketiga saya kali ini dengan topik yang masih sama yaitu seputaran Praktik Kerja Lapangan di Bank Pembangunan Daer...